Tips Mendinginkan Suhu Kabin Mobil yang Benar


Buat pemilik mobil, tentu ingin suhu dalam kabinnya dingin serta sejuk sekejap sesudah masuk ke mobil. Tetapi, hal itu susah, ditambah lagi bila awalnya mobil kecintaan diparkir dalam tempat terbuka, serta terserang terik cahaya matahari langsung. 

Umumnya, pemilik mobil langsung hidupkan pendingin udara atau AC selekasnya sesudah masuk ke mobil. Tetapi, tidak langsung dapat percepat proses pendinginan kabin mobil. Lalu, bagaimana jalan keluarnya? 

Seperti dikutip situs sah Suzuki Indonesia, jalan keluar yang paling pas dengan buka semua kaca jendela mobil. Waktu mobil mulai bergerak, selekasnya hidupkan AC serta mengatur agar kipas berputar-putar dengan kencang. Mengapa hidupkan AC saat mobil telah bergerak? 

Saat mobil bergerak, kondensor yang ada di muka radiator dapat terkena udara fresh, hingga proses pendinginan bisa menjadi lebih optimal. 

Waktu suhu AC mulai berasa dingin, selekasnya tutup kaca jendela depan, tetapi biarlah kaca jendela belakang masih terbuka sepanjang 20-30 detik. Ini butuh dikerjakan agar tersisa udara panas dapat keluar secara cepat dari kaca jendela belakang. 

Janganlah lupa, yakinkan model perputaran udara dimatikan atau tidak diaktifkan (mengatur agar AC mendinginkan udara di luar, bukan udara kabin yang disirkulasi). Langkah ini dikerjakan untuk pastikan udara dingin dapat sampai ke penumpang sisi belakang. 

Jika model perputaran telah diaktifkan, karena itu udara dingin akan tersedot kembali sebelum sampai jok sisi belakang.

Posting Komentar

0 Komentar