Beberapa Zat Kimia Ini Masih Ada Dalam Teh Pelangsing Herbal


Teh pelangsing yang dibuat berbahan herba, seperti teh jati cina, diklaim dapat menolong langsingkan tubuh. Tetapi seringkali produk teh itu memiliki kandungan beberapa bahan kimia yang tidak pas dengan dosis yang tidak pas juga, seperti sibutramine, fluoxetine, dan cafein. Untuk memahaminya, di bawah ini ialah kandungan produk pelangsing serta efek yang mungkin diakibatkan. 

1. Sibutramine 

Zat ini dipakai untuk mendesak nafsu makan buat turunkan berat tubuh. Tetapi, pada tahun 2011 obat ini ditarik dari market sebab riset tunjukkan terdapatnya penambahan tekanan darah serta denyut jantung. Hal itu dapat memunculkan efek yang beresiko bila dikonsumsi oleh satu orang yang mempunyai arteri koroner, tidak berhasil jantung kongestif, stroke, atau detak jantung yang tidak normal (aritmia).Tidak hanya beberapa efek kesehatan itu, zat ini dapat juga memunculkan hubungan yang membahayakan nyawa bila dipakai bersama dengan obat-obatan lain. 

2. Fluoxetine 

Fluoxetine adalah obat yang masuk kelompok penghalang pelepasan selektif serotonin (SSRI). Peranan obat ini sebetulnya bukan untuk diet, tetapi untuk mengatasi keadaan stres, masalah cemas, dan masalah disforia pramenstruasi berat (PMDD). Diluar itu, fluoxetine dipakai untuk pasien bulimia serta masalah obsesif kompulsif (OCD).Pemakaian fluoxetine dengan tidak pas malah mengundang beberapa resikonya yang serius, seperti perdarahan yang tidak normal serta kejang, dan cenderung untuk bunuh diri. Diluar itu, fluoxetine dapat juga mengakibatkan kematian karena ventricular arrhythmia, khususnya bila dikonsumsi dengan obat ibuprofen, aspirin, atau obat-obatan untuk menangani stres, kekhawatiran, bipolar, kemoterapi, penyakit jantung, psikosis, dan pembekuan darah. 


3. Cafein 

Zat ini termasuk diuretik serta bisa menyebabkan kehilangan cairan. Cafein biasanya terdapat di kopi, teh, soda, cokelat, minuman tambah energi, sampai obat-obatan. Cafein bisa turunkan nafsu makan untuk sekian waktu. Tetapi, belumlah ada bukti jika tingkatkan mengonsumsi cafein bisa turunkan berat tubuh dengan permanen.Konsumsi cafein harian keseluruhannya untuk orang dewasa optimal ialah 400 miligram. Sesaat untuk remaja, optimal ialah 100 miligram. Mengonsumsi cafein yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan beberapa permasalahan kesehatan, seperti bertambahnya tekanan darah, mual, insomnia, . 

Supaya terlepas dari efek yang beresiko, upayakan untuk tempuh langkah turunkan berat tubuh yang aman serta sehat, untuk mendapatkan berat badan yang sesuai indeks waktu badan baik (BMI). Angka baik BMI untuk populasi Asia sekitar antara 18,5-22,9. Angka itu didapatkan dari penghitungan berat tubuh (kg) dibagi kuadrat tinggi tubuh (m)2. 

Makanlah makanan sehat dengan imbang serta kurangi ukuran saji makanan Anda, khususnya yang memiliki kandungan lemak tidak baik, untuk turunkan berat tubuh dengan alami. Selain itu, usahakan untuk teratur olahraga tiap hari supaya lemak di badan tidak menumpuk terus-terusan. 

Diluar itu, bila Anda punya niat konsumsi produk pelangsing berbentuk apapun, terhitung teh, periksalah apa produk itu sudah tercatat di BPOM serta apa kandungan produknya. Jauhi produk pelangsing yang khususnya memiliki kandungan sibutramine serta fluoxetine, dan cafein. Jika memang perlu, tanyakan terlebih dulu pada dokter gizi sebelum mengkonsumsinya, serta tanyakanlah program langsingkan berat tubuh yang aman untuk ditempuh.

Posting Komentar

0 Komentar