Prosedur Operasi dan Mencegah Tahi Lalat Muncul Kembali


Beberapa langkah dapat dikerjakan untuk hilangkan tahi lalat, tetapi hal itu bergantung pada bentuk, ukuran, serta tempat tahi lalat pada badan. 

Sebelum di operasi, dokter akan lihat lebih dulu keadaan tahi lalat serta kulit pasien. Bila tidak alami pergantian bentuk, warna, serta ukuran, dan tidak diduga jadi kanker kulit, biasanya tahi lalat itu tak perlu di operasi sebab dipandang tidak beresiko. 

Tetapi jika tahi lalat diduga jadi kanker serta telah terkonfirmasi lewat kontrol biopsi, karena itu dokter akan merekomendasikan operasi tahi lalat. 

Ada banyak mekanisme operasi tahi lalat yang biasanya dikerjakan, yakni: 

1. Bedah pencukuran (shave removal) 

Cara ini dapat dikerjakan untuk hilangkan tahi lalat yang kecil serta dikit mencolok. Awalannya, dokter akan membius ruang yang akan diangkat dengan menyuntikkan anestesi lokal. Selanjutnya, pisau bedah dipakai untuk mengusung semua tahi lalat itu. Pembedahan ini tidak membutuhkan jahitan pada tempat pembedahan sebab kulit umumnya selekasnya pulih dalam tempo beberapa minggu. Namun, hasil operasi tahi lalat ini mungkin bisa memunculkan sisa cedera. 

2. Pembedahan eksisi 

Operasi tahi lalat dengan bedah eksisi dikerjakan untuk hilangkan tahi lalat yang memiliki ukuran semakin besar. Semestinya mekanisme bedah pencukuran, dokter akan memakai pisau bedah untuk mengusung sisi tahi lalat sampai ke akar-akarnya. Sesudah dibedah, sisi kulit sisa ditumbuhi tahi lalat akan dijahit. 

3. Bedah laser 

Bedah memakai laser ini adalah salah satunya langkah hilangkan tahi lalat yang seringkali dikerjakan. Penggunaan laser dikerjakan dengan tembakkan cahaya laser spesial ke anggota badan yang ditumbuhi tahi lalat untuk hilangkan pigmen pada kulit dibagian itu. 

Tidak hanya dengan cara-cara di atas, operasi tahi lalat dapat juga dikerjakan dengan tehnik bedah beku serta bedah listrik atau kauter. 

Penerapan operasi tahi lalat di atas mempunyai beberapa efek serta komplikasi, seperti tinggalkan sisa cedera di kulit, ngilu, serta infeksi. Tetapi, operasi tahi lalat yang memiliki ukuran lebih kecil umumnya bisa pulih secara cepat serta cuma tinggalkan dikit sisa cedera. 

Panduan Mencegah Munculnya Tahi Lalat 

Kehadiran tahi lalat biasanya dilandasi unsur genetik atau keturunan. Bila tahi lalat ada sebab unsur itu, karena itu tidak ada langkah yang dapat dikerjakan untuk mencegahnya. 

Tetapi untuk tahi lalat yang baru diangkat, ada banyak panduan yang dapat dikerjakan untuk mencegahnya ada kembali, yakni: 

Memakai tabir surya dengan SPF minimum 30 waktu akan melakukan aktivitas dibawah terik cahaya matahari. 
Menggunakan baju yang membuat perlindungan dari cahaya matahari, contohnya topi, pakaian lengan panjang, jaket dengan penutup kepala, serta celana panjang. 
Membuat perlindungan diri dalam tempat teduh serta menghindarkan paparan cahaya matahari langsung dibawah cuaca terik, yakni pada seputar jam 10.00-16.00. 

Operasi tahi lalat bisa dikerjakan seandainya bila tahi lalat yang Anda punya diduga beresiko atau punya potensi jadi kanker. Bila merasakan tahi lalat yang Anda punya tidak normal, cepatlah konsultasi ke dokter spesialis kulit untuk memperoleh kontrol serta perlakuan selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar