Tidak Semua Orang Bisa Menggunakan Bawang Putih Untuk Menyembuhkan Kutu Air


Kutu air adalah salah satunya pemicu kaki gatal Keadaan ini berlangsung karena perkembangan jamur pada kaki yang tidak teratasi serta mengakibatkan infeksi. Nah, bawang putih diketahui jadi salah satunya penyembuhan rumahan untuk kutu air. Tetapi, amankah penyembuhan kutu air dengan langkah berikut? 

Bawang putih dapat dipakai untuk menyembuhkan kutu air 

Kutu air atau juga dikenal dengan tinea pedis (athlete’s foot) adalah salah satunya infeksi jamur pada kaki. Walau dapat merubah sisi kaki mana juga, infeksi ini seringkali menyerang antara jari kaki. 

Tidak hanya gatal, kutu air diikuti dengan timbulnya kulit bersisik serta kemerahan yang memunculkan rasa perih. Penularannya lewat kontak kulit yang terinfeksi atau seringkali terkena lantai lembap tempat hidupnya jamur, seperti kamar mandi, ruangan ubah, serta kolam renang. 

Untungnya, kutu air bisa diobati dengan cream antijamur yang dioles-oleskan ke kulit. Tetapi, ada juga bahan alami yang dipercaya punya potensi untuk mengobati kutu air, seperti bawang putih. 

Bawang putih memiliki kandungan ajoene, yaitu senyawa organosulfur yang punya potensi menyembuhkan tinea pedis. Studi tahun 2000 pada Journal of the American Academy of Dermatology, menunjukkan faedah bawang putih dalam penyembuhan tinea pedis periode pendek. 

Sekitar 47 tentara yang didiagnosis alami infeksi jamur kaki dibagi jadi 3 barisan. Tiap barisan disuruh untuk ikuti perawatan yang berlainan, yaitu memoleskan 0,6% ajoene, 1% ajoene, serta 1% terbinafine (obat untuk infeksi jamur) sepanjang 1 minggu sekitar 2 kali satu hari. 

Hasilnya tunjukkan terdapatnya proses pemulihan bertambah cepat, dengan posisi 1% ajoene, 1% terbinafine, serta 0,6% ajoene. Riset itu tunjukkan jika bawang putih dapat dipakai jadi penyembuhan pilihan untuk kutu air. 

Tetapi, tidak kebanyakan orang pas dengan penyembuhan ini 

Berdasrkan studi, bawang putih memang dapat jadikan perawatan tinea pedis. Tetapi, tidak kebanyakan orang pas dengan penyembuhan ini. Misalnya, masalah yang berlangsung pada orang wanita di Inggris, dikutip dari situs Live Science. 

Wanita itu memakai bawang putih untuk menyembuhkan infeksi jamur pada kakinya. Triknya dengan memangkas bawang putih tipis-tipis lalu ditempelkan pada ruang kaki yang terserang kutu air. 

Bukannya mengobati, wanita itu rasakan sensasi terbakar pada kakinya. Serta, kulit kakinya juga melepuh sampai ke ruang ibu jari kaki. Untungnya, keadaan ini memperoleh perlakuan dokter selekasnya hingga bisa sembuh 2 minggu sesudahnya. Namun, bagaimana dapat berlangsung? 

Dr. Lisa Maier, seseorang dermatolog sekaligus juga dosen di University of Washington, menerangkan fakta mengapa bawang putih justru jadi parah kutu air. 

Menurut dia, tidak hanya memiliki kandungan senyawa ajoene yang mengobati, bawang putih memiliki kandungan senyawa kimia diallyl disulfide. Senyawa ini didapati bisa mengiritasi, mengakibatkan cedera bakar, atau ruam karena alergi dan menyebabkan eksim. 

Jadi, tidak hanya dapat menyembuhkan, bawang putih dapat jadi parah tinea pedis. Sebelum memakainya jadi penyembuhan, lebih baiknya mengetes sensitivitas kulit dengan bawang putih lebih dulu. 

Bila ada rasa gatal atau sensasi panas, urungkan kemauan Anda untuk memakai bawang putih jadi obat alami kutu air. Jangan sangsi untuk kontrol ke dokter, khususnya jika Anda punyai kulit yang peka, alergi, atau eksim. Dokter akan memberi resep cream antijamur, seperti terbinafine serta clotrimazole. 

Jika infeksi telah menebar sampai ke kuku, obat antijamur bentuk tablet (oral) semakin lebih efisien untuk menyembuhkan kutu air daripada cream antijamur atau bawang putih.

Posting Komentar

0 Komentar