Ketahui Daftar Hal yang Perlu Diperiksa Kala Melakukan MCU Bersama SehatQ


SehatQ menyadari bahwa melakukan medical check up (MCU) memerlukan biaya mahal. Namun, akan lebih banyak dana yang Anda keluarkan apabila harus membiayai pengobatan sebuah penyakit. Oleh sebab itu, melakukan tindak pencegahan merupakan satu hal penting. Caranya dengan melakukan MCU sehingga dapat mendeteksi adanya penyakit sebelum terlambat.
 

Hal yang Harus Diperiksa Saat MCU

Ketika Anda ingin melakukan MCU, sebaiknya ketahui dahulu apa saja hal-hal penting yang harus dicek. Berikut 10 hal atau bagian dalam tubuh yang harus diperiksa kala melakukan MCU:
 

1. Berat Badan

Kekurangan atau kelebihan berat badan (disesuaikan dengan body mass index) dapat memicu kemunculan berbagai penyakit. Misalnya, kurang gizi, melemahkan kekebalan tubuh, anemia, stroke, diabetes, hipertensi, hingga kanker. Oleh sebab itu, melakukan pemeriksaan BMI sangat disarankan, setidaknya 2 tahun sekali.
 

2. Kolesterol

Hampir semua orang sudah mengetahui bahaya kolesterol. Karena itu, ketika melakukan MCU Anda harus mengecek tingginya tingkat kolesterol dalam darah. Sebab apabila terlalu tinggi dapat memicu penyakit jantung hingga mengakibatkan stroke.
 

3. Gula Darah

Selain kolesterol, hal yang perlu dicek saat melakukan MCU menurut SehatQ adalah gula darah. Menjalani tes gula darah bisa dilakukan tiga tahun sekali. Khusus bagi penderita diabetes sebaiknya dilakukan setahun sekali.
 
Apabila Anda mengalami gejala berat badan menurun drastis padahal tidak sedang berdiet, perasaan haus dan lapar yang selalu datang, kesemutan pada bagian kaki dan tangan, serta mengalami sering buang air kecil, sebaiknya segera lakukan MCU untuk diabetes.
 

4. Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ vital untuk kehidupan manusia sehingga kesehatannya selalu harus dijaga. Oleh sebab itu, ketika melakukan MCU pengecekan kesehatan jantung perlu dilakukan.
 

5. Tekanan Darah

Tes tekanan darah sebaiknya dilakukan 1-2 tahun sekali bagi Anda yang dalam kondisi normal. Akan tetapi, untuk penderita hipertensi sebaiknya melakukannya dalam jangka waktu 6 bulan.
 

6. Mata

Memeriksakan kesehatan mata bukan hanya bagi mereka yang mengalami masalah penglihatan, tapi juga untuk mengatasi gangguan penglihatan seperti melihat kemungkinan adanya mata malas atau juling.
 
Pemeriksaan mata yang dilakukan terkait pemeriksaan retina, otot mata, ketajaman visual, tes tekanan intraokular (tonometri), dan tes perimetri.
 

7. Gigi

Kesehatan gigi juga amat penting sehingga Anda tidak boleh mengabaikannya kala melakukan MCU. Periksakan kesehatan gigi dan mulut setidaknya 6 bulan sekali serta rutin melakukan pembersihan plak dan karang gigi.
 

8. Telinga

Pendengaran juga merupakan indra vital bagi manusia sehingga sangat wajar apabila Anda melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan telinga juga. Dengan memeriksa kesehatan telinga Anda dapat mengetahui apakah ada masalah pendengaran yang bisa mengganggu kemampuan berbicara dan berbahasa.
 

9. Tulang

Jangan lupa lakukan tes kepadatan tulang yang dapat melihat risiko osteoporosis. Semua orang memiliki risiko osteoporosis, apalagi jika Anda mengonsumsi obat steroid, merokok, atau mengonsumsi minuman beralkohol.
 

10. Kulit

Pemeriksaan kulit penting dilakukan untuk melihat apakah ada kemungkinan terjadi kanker kulit. Anda bisa melakukan tes dengan segera apabila mengalami perubahan pada kulit. Misalnya, ada benjolan juga tahi lalat yang mengalami perubahan bentuk. Selain itu, perubahan warna kulit menjadi merah, pucat, biru, atau kehitaman juga bisa jadi indikasi kanker kulit.
 
Dalam kurun waktu tertentu Anda memang perlu melakukan medical check up, terutama ketika mendapatkan indikasi permasalahan tertentu pada tubuh. Untuk melakukan pemeriksaan rutin ini, Anda bisa mengandalkan promo dari SehatQ yang memberikan potongan harga untuk pemeriksaan kesehatan. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan terkini yang akan sangat bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar