Yuk Simak Cara Mengatasi Sakit Pinggang Yang Sering Menyerang


Sakit nyeri yang terasa pada bagian bawah punggung, seringkali menghambat aktivitas sehari-hari. Untuk mengobati rasa sakit pada pinggang, anda harus mengenali jenis dan gejala sakitnya terlebih dahulu. Karena, beda gejala yang dialami membutuhkan cara perawatan yang berbeda pula.
 
Namun, ada beberapa cara umum yang dapat dicoba untuk membantu meredakan rasa sakit. Yuk, simak cara mengatasi sakit pinggang yang sering menyerang tanpa menggunakan obat disini.
 

Cara Atasi Sakit Pinggang

 

1. Kurangi Berbaring dan Duduk Terlalu Lama

Ketika merasakan sakit pada bagian pinggang belakang, berbaring memang menjadi posisi ternyaman untuk mengatasinya. Tapi faktanya, posisi berbaring malah akan membuat anda lebih sering terkena penyakit pinggang. Terlalu lama berbaring juga tidak baik untuk kesehatan tulang, dan akan menimbulkan efek-efek kesehatan seperti nyeri pada bagian tulang belakang. Dibanding terlalu banyak berbaring, lebih baik untuk memperbanyak peregangan pada otot pinggang.
 
Sama dengan berbaring, berada pada posisi duduk terlalu lama dalam satu jangka waktu juga akan membuat punggung dan pinggang menjadi sakit dan pegal-pegal. Kebiasaan duduk terlalu lama dapat menjadi kebiasaan yang tidak baik. Untuk mengatasi sakit pinggang, anda bisa mengambil jeda beberapa saat dari duduk yang berkepanjangan. Setiap tiga puluh menit sekali, anda bisa mencoba berdiri dan berjalan sebentar agar bisa mengurangi beban pada pinggang.
 

2. Lakukan Peregangan Otot Paha Dan Olahraga Rutin

Kebiasaan olahraga yang buruk mempengaruhi hampir semua rasa sakit yang menyerang tubuh, terutama pada bagian-bagian tulang. Jarang berolahraga membuat badan menjadi lesu, tidak segar dan juga membuat datangnya sakit pada bagian bawah punggung. Olahraga juga dapat membuat resiko cedera otot berkurang, karena sebelum dan sesudah olahraga ada bagian peregangan yang penting untuk melemaskan otot dan sendi-sendi tulang.
 
Tulang punggung terhubung pada bagian paha. Sehingga, otot-otot pada bagian paha yang menegang dapat menyebabkan pinggang terasa nyeri. Maka, untuk mengatasi sakit pinggang anda bisa melakukan banyak peregangan pada paha bagian belakang. Aktivitas ini dapat dilakukan bebarengan pada saat berolahraga. Lakukan peregangan selama 20 menit sehari dengan gerakan ringan dan santai yang bisa dilakukan kapan saja.
 

3. Penuhi Kebutuhan Nutrisi dan Vitamin Yang Baik Untuk Tulang

Tulang membutuhkan beberapa nutrisi dan vitamin yang didapatkan dari makanan sehat. Kalsium dan vitamin D adalah vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Dengan menjaga kesehatan tulang anda akan terhindar dari rasa nyeri yang menjalar sepanjang tulang ekor hingga tulang panggul, dan juga mencegah tulang menjadi keropos atau biasa dikenal dengan istilah osteoporosis. Jadi, penting untuk memenuhi kalsium dan vitamin D.
 
Mengatasi sakit pinggang sebelah kiri, kanan atau bawah, dapat dilakukan dengan perbanyak konsumsi makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin dan nutrisi penguat tulang. Banyak makanan yang memiliki kandungan kalsium dan vitamin D, diantaranya susu, telur, almond, brokoli dan yoghurt. Memperbanyak konsumsi makanan sehat ini tidak hanya berguna untuk mencegah nyeri pinggang, namun juga memenuhi nutrisi dan vitamin lainnya yang penting untuk tubuh.
 
Sakit pinggang adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun tidak hanya pada orang berusia tua saja. Jika sudah menyerang, nyeri pada pinggang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, mengurangi beberapa aktivitas untuk mencegah nyeri pinggang dapat anda lakukan sebelum sakitnya benar-benar menyerang. Selain itu, makan makanan sehat tidak hanya dapat mengurangi resiko sakit pinggang, namun juga memenuhi kebutuhan vitamin.

Posting Komentar

0 Komentar